Jumat, 29 November 2013

manusia dan tanggung jawab

Nama             : Agus hermanto

NPM               : 10213372

Kelas              :  IEA08

Tugas ke      : 8 ilmu budaya dasar

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB


            Menurut saya tanggung jawab sama hal nya dengan kewajiban, karena setiap tingkah laku atau perbuatan yang manusia lakukan dan manusia tidak melanggarnya, berarti manusia itu sudah melakukan  tanggung jawab. Seperti hal nya saya sebagai mahasiswa mempunyai kewajiban untuk belajar, ketika saya belajar, berarti saya telah melakukan kewajiban saya sebagai mahasiswa dan saya juga telah membuktikan bahwa saya bertanggung jawab sebagai seorang mahasiwa , tetapai sebaliknya, ketika saya tidak belajar berarti saya tidak bertanggung jawab sebagai seorang mahasiswa. 
            Tanggung Jawab bukan hanya terhadap Diri Sendiri melainkan kita sebagai manusia mempunyai banyak tanggung jawab, tanggng jawab terhadap keluarga, tanggung jawab terhadap masyarakat, tanggung jawab terhadap pekerjaan, tanggung jawab terhadap tuhan dan masi banyak lagi. Dengan  menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya beratei orang itu sudah melakukan tanggung jawab.
        Berbuat baik terhadap sesama manusia merupakann Wujud dari tanggung jawab dan pengabdian serta pengorbanan merupakan salah satu sipat dari kebaikan. jadi Pengabdian dan pegorbanan mencerminkan suatu perbuatan baik dimana pikiran, pendapat, kasih sayang menjadi satu dan di dasarkan dengan ikhlas, rela berkorban, korban harta, korban tenaga, dan korban pikiran. Dan perlu kita ketahui dalam pengabdian pasti ada  pengorbanan.

                                                                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar